Pemanfaatan Internet untuk UKM
Meningkatnya pengguna internet setiap harinya, ternyata tidak diabaikan begitu saja oleh para pelaku bisnis terutama UKM. Saat ini banyak UKM yang sengaja membuat website, blog, atau membuat akun di facebook maupun twitter untuk memasarkan produk mereka. Kemajuan tersebut dirasa sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai salah satu strategi pemasaran bisnis.
Pemasaran bisnis melalui internet merupakan salah satu cara untuk memperluas jangkauan pasar. Melalui internet marketing, informasi produk UKM dapat menjangkau konsumen yang ada di daerah – daerah tanpa harus terjun langsung ke daerah tersebut untuk mempromosikan produk Anda bahkan sampai ke luar negeri.
Adanya pemasaran melalui internet marketing, selain memberikan kemudahan kepada para UKM untuk memasarkan produknya. Ternyata masih memberikan beberapa manfaat lain yang menguntungkan perusahaan. Manfaat adanya pemasaran melalui internet antara lain sebagai berikut :
1. Pemasaran melalui internet tidak terbatas oleh waktu, tidak seperti bisnis offline lainnya. Layanan pemasaran bisnis melalui internet bisa diakses konsumen selama 24 jam non stop. Karena internet memiliki sistem otomatis yang dapat memberikan respon dengan cepat bila ada pesanan maupun permintaan dari para konsumen. Sehingga permintaan produk dari konsumen, dapat Anda layani kapan saja dan dimana saja selama ada jaringan internet.
2. Pemasaran melalui internet juga menjangkau pasar lebih luas. Melalui bisnis internet, Anda dapat menginformasikan produk Anda hingga ke seluruh daerah di nusantara, bahkan menjangkau pasar luar negeri.
3. Dengan memakai strategi pemasaran melalui internet. Dapat meningkatkan image perusahaan Anda dimata para konsumen, sehingga memberikan nilai lebih bagi bisnis Anda untuk menghadapi persaingan bisnis yang ada.
4. Mengurangi biaya pemasaran, karena pemasaran melalui internet lebih tertarget dan biayanya relatif lebih rendah dibandingkan biaya pemasaran offline yang biayanya lebih besar untuk membuat brosur, spanduk, banner, neon box, dll.
5. Memudahkan UKM untuk menjalin hubungan dengan para konsumen. Karena melalui internet dapat terjalin komunikasi yang interaktif antara konsumen dengan pelaku bisnis, misalnya saja melalui email marketing, kotak saran atau ruang coment, serta forum diskusi antar konsumen. Sehingga bila komunikasi terjaga dengan baik, loyalitas konsumen terhadap bisnis Anda juga dapat meningkat.
Sampai saat ini, pemasaran bisnis melalui internet sangat membantu pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Mudahnya memasarkan produk melalui online, serta banyaknya manfaat yang diberikan internet marketing. Menjadi solusi tepat bagi UKM yang memiliki problem pemasaran produk.
Salam Sahabat dari www.Sahabatukm.com