Monthly Archive January 26, 2014

Berbagai manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan alami

 

Dan tuhanmu mewahyukan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang dibukit, dipohon-pohon kayu dan ditempat yang dibikin manusia . [QS. An-Nahl: 68]
Allah saja telah memerintahkan para lebah untuk membuat sarang yang kemudian didalamnya akan dihasilkan cairan yang biasa kita kenal dengan madu sebagaimana lanjutan dari ayat ini, yaitu:

Allah SWT berfirman:
kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dantempuhlah jalan tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. [QS. An-Nahl : 69]

Madu Murni merupakan cairan yang berasal dari nectar bunga yang dihasilkan oleh lebah yang kemudian disimpan didalam kantung madu. Sejak jaman yunani dan romawi masyarakat sudah menggunakan madu asli yang telah diolah menjadi salep, terutama untuk penyembuhan luka bakar dan luka akibat tusukan benda tajam.

Sejalan dengan perkembangan dunia yang semakin canggih, dunia pengobatan juga semakin maju dibandingkan dengan cara pengobatan dahulu. Meskipun pengobatan modern terus tumbuh dan berkembang. Namun pengobatan yang sudah tersirat dalam al-Quran dan hadits masih tetap mengambil tempat di dalam kehidupan masyarakat Islam.
Menurut Nabi Sallallohu Alaihi Wasallam setiap penyakit itu pasti ada obatnya.

SabdaBaginda Rasulullah yang artinya:

Berobatlah, maka sesungguhnya Allah tidak meletakkan penyakit kecuali Allah menyediakan baginya obat, kecuali satu penyakit, yaitu tua ( Hadis riwayat Abu Daud)
Dalam Al-Quran sendiri telah menggariskan pelbagai pengajaran dan maklumat penjagaan diri terhadap berbagai macam penyakit, maupun kesehatan jasad atau rohani agar kita dapat mengerjakan segala perintah Allah dengan teratur.

Rasulullah Sallallohu Alaihi Wasallam juga ada berpesan agar seseorang itu berobat dengan madu dan Al-Quran, Baginda bersabda yang artinya:
Ambillah / pergunakanlah olehmu sekalian akan dua obat penyembuh yaitu madu dan al-Quran. (Hadis riwayat Ibnu Majah)

Didalam hadits tersebut ternyata madu mempunyai keistimewaan yang tersendiri dengan nilai-nilai utama dalam ilmu kesehatan, yang mempunyai zat-zat besi dan vitamin yang kuat. Di samping itu madu juga dianggap penting kerana memenuhi keperluan tubuh dan cepat memberi tenaga.

Dalam pengobatan tradisional, madu new zealand telah dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka-luka terbakar pada kulit. Jika diusapkan madu akan dapat mengurangi rasa sakit yang menyengat dan mencegah pembentukan lepuh (mengelupas) dan cepat sekali menyembuhkan daerah yang terbakar. Di samping itu banyak lagi penyakit yang dapat disembukan misalnya hidung tersumbat, radang tenggorokanmasalah pencernaan, anak yang suka kencing malam ( ngompol ) dan madu kesuburan cocok untuk pasangan yang belum dapat momongan.

Mereka yang mengetahui akan khasiat madu akan menggunakannya secara rutin, hal ini bukan hanya teori tetapi telah dibuktikan dalam beberapa kajian yang telah dilakukan di mana jika diamalkan setiap hari akan mencegah berbagai macam penyakit dan memberi tenaga yang cukup. Bahkan madu juga bisa digunakan untuk kosmetik herbal ataukosmetik natural untuk kecantikan wanita contohnya digunakan untuk masker madu.

Madu-manuka-Mampu-Melawan-Kencing-Manis-Kesehatan

Bukti-bukti keefektivan madu terhadap penyembuhan luka
1. Penelitian Dr. jamal burhan dari universitas iskandar mesir pada tahun 1991, dimana beliau melakukan eksperimen pengobatan terhadap luka bakar, yang kemudian dibandingkan dengan pengobatan modern yaitu SS (Silver Sulfadiazine) selama 7 hari. Hasilnya yang diobati menggunakan madu 91% bebas infeksi, sedangkan yang menggunakan SS hanya 7% saja. Setelah 15 hari, angka kesembuhan yang menggunakan madu mencapai 87%, sedang yang menggunakan SS hanya 7%.
2. Penelitian Jennifer edy dari universitas wistonsin, menyebutkan madu sangat efektif terhadap penyembuhan luka pada DM.
3. Diselandia baru, terapi madu berhasil menyembuhkan lecet pada punggung pasien yang sudah berbaring lama.
4. Di uni Arab terapi madu digunakan untuk luka akibat herpes bibir dan alat kelamin dimana dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit.
Jenis madu yang digunakan

Dari salah satu penelitian di University of Technology Sydney (UTS), Australia yang mengamati tiga jenis madu, yaitu manuka, kanuka, dan clover, untuk menentukan jenis madu yang paling efektif dalam memerangi luka. Dan hasilnya, ternyata madu manuka yang paling efektif dan terbaik dalam penyembuhan luka.

Kandungan madu manuka new zealand dan mekanisme kerjanya
Luka merupakan sesuatu yang identik dengan mikroorganisme. Dimana dalam hal ini zat yang mampu membunuh mikroorganisme tersebut harus ada didalam madu. Nah, zat kimia tersebut adalah methylglyoxal (MGO) dan hydrogen peroxide. Kedua zat ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga luka akan cepat sembuh.
hidrogen peroksida yang diproduksi oleh madu disebabkan oleh akibat adanya reaksi enzim glukosa oksidase yang terkandung di dalam madu yang memiliki sifat antibakteri. Proses ini tidak menyebabkan kerusakan pada jaringan luka dan juga akan mengurangi bau yang tidak enak pada luka khususnya luka kronis. Hidrogen peroksida dihasilkan masih dalam kadar rendah dan tidak panas sehingga tidak membahayakan kondisi luka.
MGOTM adalah sebutan untuk metilglioksal pangan (C3H4O2), yaitu senyawa yang secara alami banyak terdapat dalam madu manuka aktif. Senyawa ini terbukti memiliki kekuatan antibiotik alami yang luar biasa.
Selain kedua zat tersebut, madu juga mengandung vitamin larut-air terdapat dalam madu antara lain tiamin (B1), riboflavin (B2), piridoksin (B6), asam pantotenat, niasin, dan asam askorbat; namun vitamin-vitamin lain seperti biotin, asam folat, kholin dan asetil kholin terdapat juga dalam madu. Vitamin larut-lemak seperti vitamin K yang ekivalen dengan 25 g menadion per 100 g madu juga ditemukan.
Kemudian enzim penting yang terdapat dalam madu adalah enzim diastase,invertase, glukosa oksidase, peroksidase dan lipase. Enzim diastase adalah enzim yang mengubah karbohidrat komplek (polisakarida) menjadi karbohidrat yang sederhana (monosakarida). Enzim invertase adalah enzim yang memecah molekul sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa. Sedangkan enzim oksidase adalah enzim yang membantu oksidasi glukosa menjadi asam peroksida.
jenis gula atau karbohidrat yang terdapat di dalam madu alami yakni fruktosa, yang memiliki kadar yang tertinggi, yaitu sedikitnya bisa mencapai 38,5 gram per 100 gram madu alami. Sementara untuk kadar glukosa, maltosa, dan sukrosanya rendah. Kadar fruktosa yang tinggi dan kadar air yang rendah didalam madu menyebabkan efek tekanan osmotic sehingga menekan pertumbuhan mikroorganisme.
Manfaat madu terhadap luka
Sebagai antiseptic dan anti bakteri
Mengatasi infeksi pada daerah luka dan memperlancar proses sirkulasi yang berpengaruh pada proses penyembuhan luka.
Menghambat pertumbuhan mikroorganisme
Mematikan mikroorganisme yang tumbuh, karena pH madu yang sangat asam yaitu berkisar antara 3,2-4,5
Berfungsi sebagai zat antioksidan sehingga mampu merangsang pertumbuhan jaringan baru sehingga mengurangi timbulnya parut/bekas luka pada kulit
Kemampuannya dalam megabsorbsi pus/nanah sehingga mampu membersihkan luka.
Kemampuannya sebagai analgetik (penghilang rasa nyeri), mengurangi iritasi, dan menghilangkan bau pada luka.
Perawatan luka menggunakan madu
Ada beberapa tips yang dapat dipakai saat merawat luka dengan terapi madu (Molan, 2001):

a. Gunakan jumlah madu sesuai dengan jumlah cairan atau eksudat yang keluar dari luka.
b. Frekuensi penggantian balutan tergantung pada cepatnya madu terlarut dengan eksudat luka.Jika tidak ada cairan luka, balutan dapat diganti dua kali seminggu supaya komponen antibakteri yang terkandung di dalam madu dapat terserap ke dalam jaringan luka.
c. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, gunakan second dressing yang bersifat absorbent. Jika madu digunakan langsung pada luka, madu akan meleleh sehingga keluar area luka. Hal ini tidak akan efektif untuk merangsang proses penyembuhan luka.
d. Gunakan balutan yang bersifat oklusif, yaitu menutup semua permukaan luka untuk mencegah madu meleleh keluar dari area luka.
e. Pada cairan luka yang sedang, sebaiknya gunakan transparent film sebagai second dressing.
f. Pada abses (nanah) dan undermining (luka berkantong), perlu lebih banyak madu untukmencapai jaringan di dalamnya. Dasar luka harus diisi dengan madu sebelum ditutup dengansecond dressing seperti kasa atau dressing pad lainnya.
g. Untuk memasukkan madu pada luka berkantong, sebaiknya gunakan kasa atau dressing pad sehingga kerja kandungan madu lebih efektif.

Beberapa jenis madu antara lain :

Propolisasli

Royal Jelly

Bee Pollen

, , , , , , , , , , , , ,

Hati-hati, Helm Tak Sesuai Standar Bisa Menambah Risiko Cedera Leher

Sumber : Detik Health

Bagi pengendara motor, helm mutlak diperlukan guna menjaga keselamatan, terutama untuk melindungi kepala jikalau terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas (lakalantas). Namun, di sisi lain pemakaian helm justru bisa meningkatkan cedera leher.

“Helm bisa tingkatkan cedera di leher karena berat kepala bertambah. Risikonya bisa patah tulang leher terutama jika pengendara motor menggunakan helm yang desainnya tidak tepat, tidak sesuai standar. Tapi bukan berarti tidak pakai helm ya,” kata dr Yogi Prabowo, SpOT. Pemaparan tersebut disampaikan dr Yogi dalam sesi seminar ‘Emergency Fair’ di Aula FKUI, Salemba, Jakarta Pusat, dan ditulis pada Minggu (27/10/2013).

Cedera leher patut dicurigai jika korban lakalantas sampai pingsan. Maka dari itu, ketika korban mengalami cedera di leher, helm yang ia gunakan harus segera dilepas. Tapi tak sembarang melepas, ada teknik tersendiri untuk melepas helm pada korban lakalantas.

“Caranya, tahan leher orang itu, lalu helmnya direnggangkan, misalnya bisa dengan digergaji. Setelah agak longgar baru ditarik. Jadi jangan langsung ditarik dan dipaksa seperti orang biasa mencopot helm. Lehernya juga jangan ditepuk-tepuk tapi diluruskan. Pokoknya jangan sampai tertekuk. Untuk mencegah leher tidak tertekuk, maka pakaikan neck collar, ” jelas dr Yogi.

Setelah dipasang neck collar (alat untuk menyangga kepala dan leher), maka sebisa mungkin jalan napas korban tetap dipantau. Untuk membawa pasien dengan cedera leher, dr Yogi menuturkan lebih baik menggunakan mobil terbuka seperti bak, bukan menggunakan mobil jenis sedan. Sebab, posisi leher pasien harus lurus dan yang pasti segera dibawa ke rumah sakit tidak lebih dari tiga jam setelah kejadian.

Untuk bahan neck collarr, menurut dr Yogi lebih baik menggunakan bahan yang agak keras atau keras. “Kalau yang soft biasanya untuk sakit leher. Kalau yang rigid atau semi rigid kan dia tidak mudah tergoncang. Nah, untuk korban kecelakaan, pakai yang ada bolongan di tengah lehernya supaya kalau ada sumbatan jalan napas bisa dibuat lubang,” tambah dr Yogi.

Data kepolisian RI tahun 2012 menunjukkan potensi kerugian ekonomi akibat lakalantas mencapai Rp 203-217 T. Sedangkan, menurut data WHO tahun 2011-2012 lakalantas adalah penyebab kematian terbesar ketiga setelah jantung dan TBC. Lima puluh persen korban lakalantas adalah pengendara motor, disusul pengendara mobil atau bis serta pejalan kaki sebanyak 20 persen.

Kebiasaan yang Suka Bikin Cedera Punggung

Sakit punggung atau cedera punggung bisa menyerang cewek dan cowok tanpa memandang usia. Menurut penelitian, sakit yang dialami di punggung ini sebenarnya tidak selalu disebabkan oleh hal-hal yang berat, malah kebanyakan disebabkan oleh hal-hal sepele.

Tanpa disadari, kebiasaan yang Teman-teman lakukanlah ternyata menyebabkan sakit pada punggung. Kalau sampai dibiarkan dapat mengganggu dan menyebabkan cedera berat.

Apa sih yang sebenarnya menyebabkan sakit di punggung?

Duduk terlalu lama
Buat seorang pekerja kantoran, yang diwajibkan untuk duduk lama di balik meja, maka sesekali kamu perlu melakukan pemanasan serta peregangan. Untuk menghindari cedera, disarankan kamu berjalan-jalan sejenak setiap 1-2 jam sekali.

Selain itu, biasakan duduk di kursi dengan penyangga punggung dan pada posisi tegak biar tulang belakang tetap pada posisi lurus.

Bersin
Sepertinya memang remeh, tapi ternyata bersin bisa menyebabkan cedera punggung. Saat bersin, secara otomatis wajah kita akan berpaling. Dan demikian diikuti dengan gerakan punggung. Pada beberapa kasus, terkadang memang dapat menyebabkan sampai punggung jadi cedera.

Memakai high heels
Pakai high heels dalam waktu yang cukup lama tak hanya membuat kaki saja yang sakit. Otot di kaki juga berhubungan langsung dengan punggung sehingga tak heran apabila punggungmu ikut pegal ketika terlalu lama mengenakan heels. Disarankan kamu nggak sepanjang hari mengenakan heels. Untuk waktu-waktu tertentu pakai saja flat shoes atau sandal jepit sehingga kaki bisa merasakan rileks.

Karena bra terlalu ketat
Bra yang terlalu ketat dapat mencederai punggung sekaligus payudara. Menyebabkan nyeri berkepanjangan yang sering datang dan pergi. Mencegahnya, pilihlah bra dengan ukuran pas dan tidak terlalu ketat. Saat tidur, lebih baik nggak perlu mengenakan bra.

Smartphone
Sepanjang hari berapa lama kamu berinteraksi dengan ponselmu? Entah itu bermain game, membaca berita, chatting dan lain sebagainya, kamu cenderung berada pada posisi menunduk dan punggung akan mengikuti gerakan. Tanpa disadari ternyata gerakan ini menyebabkan nyeri punggung yang lama kelamaan akan membuat punggung cedera.

Lemak di pinggang
Jangan dikira lemak di pinggang itu hanya akan membuat celanamu nggak cukup lagi. Lemak itu kalau dibiarkan terus menumpuk akan mempengaruhi seluruh kondisi tubuh. Memicu terjadinya aneka penyakit serta membuat punggung jadi nyeri.

Sepele sih, tapi kalau dibiarkan akan berbahaya. Mulai sekarang, cermati lagi kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan dan pastikan punggungmu nggak cedera karenanya.

,

Tips Mencegah terjadinya Cedera Lutut saat Berlari

berdasarkan pengalaman saya pribadi, biasanya kalo kita sudah menderita cedera lutut pasti rata-rata harus istirahat selama 4-5 hari baru kemudian anda bisa mulai lari lagi. Nah pertanyaannya apakah anda bakalan betah jika anda hanya lari sekali seminggu dan itupun mengalami cedera? Kemungkinan besar tidak dan bahkan bisa jadi anda jadi malas untuk melakukannya lagi padahal anda tahu itu kegiatan yang menyehatkan. Karena itu untuk mengatasi hal ini agar tidak terulang kembali, anda harus tahu bagaimana Cara Mencegah terjadinya Cedera Lutut saat Berlari dan berikut adalah Tips-nya :

1. Gunakan Sepatu yang Tepat dan Pas
Sepatu adalah alat yang sangat penting bagi kaki dan pemilihan sepatu yang tidak tepat bakal semakin mempermudah anda mengalami cedera lutut atau bagian kaki lainnya. Misalkan saja anda memilih sepatu boot aau sepatu yang longgar untuk berlari, tentu saja akan terasa sangat tidak enak bukan? Nah karena itu gunakanlah sepatu olahraga yang cukup ringan, nyaman dan pas dikaki anda sehingga semakin membuat anda semangat untuk berolahraga.
2. Gunakan Suplemen / Nutrisi Pendukung
Agar badan anda tidak mudah merasa capek dan lelah dalam melakukan olahraga lari maka anda harus mengisi tubuh anda dengan suplemen yang berenergi seperti Susu berkalsium. Banyak orang mengabaikan hal ini dan hasilnya mereka hanya mampu berlari sebentar saja dan apabila dipaksa tentu tubuh tidak akan kuat dan tentunya bisa berpotensi menjadi cedera.
3. Lakukan Peregangan Otot
Inilah Tips dan Trik Mencegah terjadinya Cedera Lutut saat Berlari yang sangat penting. Ingat tubuh anda harus mengalami penyesuaian terlebih dahulu sebelum anda benar-benar membawanya untuk berlari cukup cepat dan jauh. Dengan melakukan peregangan otot maka aliran darah ditubuh anda akan semakin lancar dan otot anda juga terasa rilex.
4. Jangan Berlari Berlebihan
Boleh saja anda menyukai olahraga lari, entah karena anda memang ketagihan ataupun karena anda mengejar target untuk menurunkan berat badan. Tapi perlu anda ingat baik-baik jika tubuh anda juga membutuhkan istirahat dan setiap orang memiliki waktu istirahat yang berbeda. Karena itu janganlah anda merasa minder atau iri jika melihat pelari lain masih mampu berlari dengan semangat sementara anda sudah ngos-ngosan, bisa jadi orang yang anda lihat tersebut sudah berlari hingga tahunan dan merupakan pelari profesional.
5. Variasikan gerakan Lari anda
Ada sebuah teknik berlari yang memungkinkan anda tetap bisa mengeluarkan keringat dan membakar lemak yang ditubuh anda kendati dalam kondisi santai sekalipun. Teknik ini cukup sering kali dilakukan oleh orang yang ingin melakukan diet rutin, dan caranya adalah dengan memberikan variasi pada gerakan lari. Biasanya setelah peregangan otot, pelari akan memulai dengan jalan kaki, di ikuti jalan semakin cepat, kemudian mulai berlari. Nah saat mulai lelah / ngos-ngosan, pelari tersebut akan menurunkan gerakan larinya menjadi cukup lambat seperti jalan cepat sampai nafasnya mulai kembali baru kemudian dia berlari kembali.
Selain mampu membakar lemak lebih banyak, gerakan seperti ini akan membiasakan tubuh anda untuk mengikuti irama gerakan lari secara bertahap sehingga nantinya tubuh anda akan terbiasa melakukan ini, namun ingat jangan sampai dilakukan berlebihan.