Monthly Archive June 27, 2012

Media Sosial Mulai Membosankan?

Begitu kata Tempo….Inem sih nggak bingung. Karena ada SEO….hihihihi.

TEMPO.COJakarta – Ledakan media sosial sejak satu dekade lalu tampaknya mulai memasuki titik jenuh. Salah satu indikatornya terlihat dari pertumbuhan anggota Facebook yang kian melambat.

Kendati masih mengalami pertambahan sedikit demi sedikit, banyak yang memprediksi jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg ini sulit mencapai angka 1 miliar anggota.

Di Indonesia, fenomena tentang kejenuhan penggunaan media sosial juga terjadi. Berdasarkan survei tahunan Yahoo! TNS Index, penggunaan jejaring sosial menunjukkan tidak banyak pergerakan pada tahun 2012.

“Meskipun berada di peringkat pertama top ten monthly activity di Internet, pergerakan kegiatan berjejaring sosial tidak banyak peningkatan,” kata Jhoni Tuerah, Associate Client Advisor TNS Indonesia, di kantor Yahoo! Indonesia, Jakarta, Selasa, 26 Juni 2012.

Tahun ini, Jhoni menambahkan, kegiatan berjejaring sosial dilakukan 90 persen pengguna Internet yang disertakan dalam survei. Angka itu hanya naik 1 persen saja dari tahun lalu: 89 persen.

Padahal, tiga tahun sebelumnya, 2009-2010-2011, kegiatan di ranah media sosial mengalami peningkatan dari 58 ke-77 persen kemudian 89 persen.

Jhoni mengungkapkan, alasan cenderung stagnannya penggunaan media sosial ini lantaran anggota yang semakin selektif dalam membangun lingkaran perkawanannya. “Mereka ingin lebih homy di akun sendiri sehingga tak ingin ”dikotori”,” kata Johny.

Karena itulah, sejumlah responden menyatakan tak segan-segan memilih-milih teman sampai menendang siapa saja yang tidak membuat nyaman akunnya.

Jenis teman yang disetujui untuk masuk dalam lingkaran pertemanan di media sosial, antara lain rekan yang sering berinteraksi, kawan lama, keluarga, teman di dunia maya, teman dari teman, dan yang paling akhir adalah atasan atau bos di kantor.

Riset Yahoo! TNS Net Index ini dilakukan terhadap 3.365 responden di berbagai kota di Indonesia, yakni Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Palembang, Makassar, Yogyakarta, dan Denpasar. Penelitian berlangsung sepanjang Desember 2011 sampai Januari 2012.

Perilaku Berinternet Orang Indonesia

TEMPO.COJakarta – Yahoo! bekerja sama dengan TNS Index merilis hasil studi tahunan tentang perilaku pengguna Internet di Indonesia. “Ada empat tren yang signifikan,” kata Hansal Savla, Technical Advisor TNS Indonesia, di kantor Yahoo! Indonesia di Jakarta, Selasa, 26 Juni 2012.

Tren pertama adalah penggunaan telepon seluler yang menjadi motor penggerak pertumbuhan akses Internet selama dua tahun terakhir.

“Telepon seluler menjadi media informasi kedua paling banyak digunakan (55 persen) setelah televisi (100 persen),” ujar Hansal. Dengan demikian, posisi warung Internet sebagai salah satu cara mengakses Internet mulai ditinggalkan.

Kedua, terjadi pergeseran pengakses Internet dari sisi umur. Kini para pengguna Internet bukan hanya dari kalangan muda, melainkan juga berasal dari usia 30-50 tahun.

Ketiga, makin banyaknya penikmat konten hiburan dan liburan, khususnya berita selebriti (40 persen) serta aktivitas mengunggah dan mengunduh musik (39 persen).

Keempat adalah penggunaan layanan mesin pencari naik dari 70 persen pada tahun lalu menjadi 75 persen pada 2012. Sebagian besar mereka menggunakannya untuk mencari gambar, musik, dan video.

Hansal menjelaskan, riset ini dilakukan terhadap 3.365 responden di berbagai kota di Indonesia, yakni Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Palembang, Makassar, Yogyakarta, dan Denpasar. Penelitian dilakukan sepanjang Desember 2011 sampai Januari 2012.

Country Ambassador and Sales Director Yahoo! Indonesia Roy Simangunsong mengatakan, dengan riset tersebut, para marketer atau tenaga pemasaran dapat mengetahui siapa dan bagaimana memperlakukan target pasarnya.

“Ini bisa menjadi pedoman untuk melakukan targeted campaign sehingga lebih efektif,” ujarnya.

,

Kapan Waktu yang Tepat untuk Posting di Social media?


Menuliskan atau membagikan sesuatu di Twitter dan Facebook memang ibarat sebuah candu tersendiri bagi sebagian orang. Kegiatan menuliskan sesuatu atau membagikan informasi itu untuk sebuah akun pribadi – di luar akun situs portal berita – sering berjalan tanpa henti tak kenal waktu secara real time. Tapi, tahukah Anda bahwa ada waktu terbaik untuk mem-postingsesuatu diakun Twitter dan Facebook?

 

Dalam infografik yang dikeluarkan oleh Raka Creative, saat dilansir Selasa (19/6), dijelaskan bahwa lalu lintas terpadat dalam Twitter terjadi setiap Senin-Kamis mulai jam 9 pagi – 3 sore. Puncak paling ramai terjadi antara jam 1 siang hingga jam 3 sore, dimana saat itu diperkirakan banyak pengguna yang sedang menggunakan Twitter. Pada hari Jumat jam 3 sore, merupakan waktu dimana Twitter digambarkan sepi kicauan, yang kemungkinan berarti tidak ada pengguna yang bermain Twitter saat itu.

 

Sementara puncak waktu terpadat di Facebook digambarkan terjadi pada Rabu jam 3 sore. Umumnya, tingkat klik yang tinggi terjadi pada tengah pekan mulai pukul 1 siang hingga 4 sore. Rata-rata lalu lintas Facebook mulai ramai sekitar jam 9 pagi dan kemudian mulai sepi setelah jam 4 sore setiap harinya.

Sebagai perbandingan, tahun lalu Salingsilang.com telah membuat laporan mengenai persentase waktu yang paling sering digunakan orang Indonesia dalam berkicau di Twitter. Secara umum, tiada hari yang terlewatkan tanpa berkicau di Twitter. Waktu terpadat yang digunakan tercatat terjadi pada akhir pekan antara Sabtu dan Minggu. Pembagian waktu paling ramai meliputi; dini hari mencapai 11%, pagi hari 30%, siang 26%, dan yang tertinggi terjadi pada malam hari yang mencapai 33%.

Sumber infografik: rakacreative.com

 

Cara Submit Meta Tag Mesin Pencari Di Blogspot

Bagi temen-temen yang menggunakan blog sebagai situs berjualan dan lainnya. Blog bisa dioptimasi, salah satu cara adalah dengan submit meta tag. Meta tag ini sudah umum digunakan sebagai pelengkap SEO friendly blog agar blog mudah diindeks dan di-crwaling oleh mesin pencari. Dari sekian banyak mesin pencari yang bertebaran di jagad dunia ini, hanya Google dan Yahoo yang memiliki authoritas tertinggi. Dan mungkin ada lagi satu tambahannya, yakni : MSN/Bing milik microsoft. Baiklah, kini saya akan jabarkan, bagaimana Cara Submit dan Pasang Metatags dari Google dan Yahoo itu.

Pasang Metatag Google Di Blog
* Pertama, silakan sobat bukan webmaster google di : http://www.google.com/webmasters/
* Kemudian setelah Sign in, silakan sobat klik blog sobat kemudian klik Manage (disebelah kanan), setelah itu klik Add or Remove Owners
* Kemudian cari dan klik bacaan Verify using a different method, dan pilih Add a meta tag to your site’s home page , silakan copy metatags tersebut ke badan blog sobat, cth : <meta content=’pmsk08NkzKIQw_IM0-ougK-TvjR88-BP4EmqZOJA7hc’ name=’google-site-verification’/>
* Cara copy ke badan blog, silakan sobat log ini ke www.blogger.com, kemudian setelah masuk Dashboard blog, klik EDIT HTML, jangan lupa centang Expand Template Widget, dan Paste kode metatag tadi dibawah <head>, kemudian simpan.
* Setelah disimpan, kembali ke webmaster, silakan sobat klik Verify (paling bawah) di tempat sobat ambil kode metatag tadi, Selesai.


Pasang Metatags Yahoo di Blog
* Pasang Metatag Yahoo ini sama dengan pasang metatags di Google, namun sobat harus punya akun di Yahoo terlebih dahulu, seperti sobat sudah memiliki akun di Google.
* Silakan sobat akses di : http://siteexplorer.search.yahoo.com/ kemudian pilih Submit your site dan pilih submit a website or webpage dan masukkan website sobat.
* Setelah silakan masuk ke aku Yahoo sobat dengan klik Sign in kemudian silakan ambil metatag web sobat dengan klik My Sites
* Pilih Authentication di pilihan menu sebelah kiri, kemudian pilih By adding META tag to my homepage, silakan copy kode metatag kemudian paste di badan blog sobat (Cara sama dengan pasang metatag Google tadi). Cth metatag yahoo : <META content=’472f8ece2f4ae305′ name=’y_key’></META>
* Setelah sobat pasang di badan blog, klik simpan. Kembali ke halaman Yahoo, silakan sobat klik Ready to Authenticate, selesai.

Kini sobat sudah memiliki 2 (dua) Metatag dari Google dan Yahoo di blog sobat. Cara ini memudahkan indeksisasi blog sobat minimal di mesin pencari nomer wahid dunia tersebut. Semoga artikel Cara Submit Meta tag Mesin Pencari Google dan Yahoo Yang Benar Di Blogger dan WordPress ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Selamat berjualan para UKM Indonesia !