Promosikan Bisnis anda dengan Artikel Marketing

Promosikan Bisnis anda dengan Artikel Marketing

Salah satu cara yang paling ampuh dan efektif dalam mempromosikan bisnis adalah dengan metode artikel marketing. Bagaimanapun juga, sama seperti metode marketing lainnya, artikel marketing harus dilakukan dengan benar agar bisa berhasil.

Membuat ringkasan. Ringkasan dari artikel yang kita buat harus mencakup judul/headline, pembukaan/pendahuluan, isi, penutup dan sumber.

Judul – Tujuan dari judul adalah untuk mendapatkan perhatian (attention) dari pembaca, dan mendorong mereka untuk membaca artikel kita. Bila judul artikel tidak begitu baik, ada kemungkinan artikel kita hanya akan dilewati dan tidak terbaca. Banyak pembaca memutuskan untuk membaca suatu artikel atau tidak, hanya berdasarkan dari melihat seberapa menariknya judul dari suatu artikel.

Pembukaan/pendahuluan – Isi dari paragraf pendahuluan harus meneruskan apa yang tertinggal dari judul artikel. Jangan membuang waktu dari pembaca artikel kita dengan sesuatu yang tidak ada hubungannya.

Isi – Ini adalah tempat dimana kita menerangkan secara terperinci inti dari artikel ini.

Penutup – Beberapa ahli menyarankan untuk menutup suatu artikel dengan ringkasan singkat berisi hal yang penting, dan beberapa orang menyarankan untuk menutup artikel dengan panggilan untuk membuat suatu tindakan.

Sumber (resource box) – Inilah waktunya kita untuk mempromosikan bisnis usaha kita dengan menyantumkan contact info, seperti nama usaha bisnis, alamat, nomor telepon, website dan email address. Pastikan resource box ini berhubungan dengan tema dari artikel yang dibuat. Sebagai contoh, bila artikel yang kita buat adalah mengenai ‘pentingnya mengatur uang’, jangan kita memasukkan ‘abemalondadesign.com for your website needs’.

Memilih topik. Tujuan utama dari menulis sebuah artikel adalah untuk membantu dan memberikan jalan keluar dalam menyelesaikan masalah bagi para pembaca – dan bukan untuk mempromosikan usaha bisnis. Sangat disayangkan, banyak penulis artikel marketing membuat kesalahan terbesar dengan menulis tentang mereka atau bisnis mereka sendiri, daripada menulis isi yang berguna dalam menyelesaikan masalah dari pembaca. Selalu pikirkan mengenai si pembaca, dan utamakan untuk menyelesaikan masalah mereka.

Lakukan penelitian/riset mengenai topik artikel. Walaupun kita sudah menguasai topik bahasan kita, lakukan penelitian. Double-check fakta-fakta yang ada. Mengapa ? Karena beberapa hal di sekitar kita selalu berubah, sesuatu yang baru bermunculan. Menggunakan fasilitas internet sangatlah membantu untuk mendapatkan informasi-informasi baru.

Menulis artikel. Perlu diingat lagi, tujuan utama kita bukanlah untuk mempromosikan usaha bisnis kita dalam suatu artikel, namun membantu pembaca menyelesaikan masalah mereka. Itulah satu hal yang harus kita fokuskan dalam menulis sebuah artikel. Tempat untuk mempromosikan usaha bisnis kita adalah di sumber (resource box).  Saat menulis sebuah artikel, tulis dalam bentuk yang sederhana, dalam bentuk percakapan seperti kita bercakap-cakap dengan teman atau keluarga.

Take a break. Terkadang, sekeras apapun kita berpikir, ide-ide baru itu tidaklah datang. Saat itu terjadi, jangan terlalu memaksakan situasi. Ambil waktu untuk beristirahat, mendengarkan musik, menonton TV dan tinggalkan urusan menulis untuk sejenak. Lakukan apa yang disukai dan kembali menulis dengan pikiran yang fresh dan ide-ide yang baru.

Periksa Artikel. Setelah kita selesai dan puas dengan artikel yang kita tulis, periksa lagi beberapa kali untuk melihat bila ada kesalahan dalam pengejaan (spelling) atau pemakaian kata yang tidak tepat.

Format artikel. Perhatikan ketentuan format dalam memasukkan sebuah artikel. Beberapa ezine publishers mempunyai ketentuan-ketentuan tersendiri dalam menerima sebuah artikel, namun banyak dari articles directories / publishers saat ini tidak begitu memperhatikan hal ini dan menyesuaikan dengan format artikel yang kita buat. Kemanapun kita akan memasukkan sebuah artikel, selalu pastikan dengan membaca ketentuan-ketentuan dimana kita akan memasukkan artikel ini, untuk mencegah artikel kita ditolak dikarenakan hal yang tidak begitu perlu.

Tetap Menulis. Menulis satu dan dua artikel lalu berhenti, bukanlah artikel marketing. Artikel marketing menuntut kita untuk banyak menulis dan secara konsisten. Kita harus benar-benar melakukannya bila ingin mendapatkan hasil. Artikel marketing memerlukan kedisiplinan dan konsitensi.

Artikel marketing dapat menjadi alat yang ampuh dalam mempromosikan dan mengembangkan usaha bisnis, namun harus dilakukan dengan benar.

Ditulis oleh seorang teman

Comments

  • Kika | Mar 14,2012

    Good point Mas. It is the best SEO ever!

    • Inem | Mar 14,2012

      Betul mas, juga agar orang merasa ada manfaat dari website kita. Makasih atas kunjungannya mas

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *