Pengenalan Search Engine

Pengenalan Search Engine

Ketika internet mulai berkembang dan menjadi bagian dari pekerjaan sehari-hari, maka menjadi nyaris mustahil bagi seorang pengguna untuk mengumpulkan sendiri semua informasi yang tepat atau relevan dari jaringan internet yang maha luas itu. Inilah alasan utama mengapa “mesin pencari” dikembangkan.

Mesin pencari menjadi begitu populer saat ini hingga lebih dari 80% pengunjung situs berasal darinya. Apa sesungguhnya mesin pencari itu? Menurut webopedia, sebuah “Mesin Pencari” adalah sebuah program yang mencari sejumlah dokumen bagi kata kunci-kata kunci yang spesifik dan menampilkan sebuah daftar dokumen dimana kata kunci-kata kunci tersebut ditemukan”.

Sebagai contoh, jika Anda ingin mencari hotel yang ada di Jakarta, Anda mungkin akan mengetikan sejumlah kata kunci seperti: umroh semarang, umroh atau umrah dan lain-lain…. Bila Anda mengklik tombol pencarian, maka Anda akan memperoleh data relevan terbaik yang berhubungan dengan kata kunci-kata kunci tersebut.

Di awal penawaran perdana saham Google, survey terbaru dan data traffic menunjukkan bahwa mesin pencari telah menjadi cara yang penting dan popular bagi masyarakat untuk mencari informasi secara online. Sebuah survey nasional yang dilakukan melalui telepon atas 1.399 pengguna internet antara tanggal 14 Mei dan 17 Juni, oleh Pew Internet & American Life Project, menunjukkan:

  • 84% pemakai internet menggunakan jasa mesin pencari. Setiap harinya lebih dari separuh pemakai internet menggunakan mesin pencari. Lebih dari dua per tiga pemakai internet mengatakan bahwa mereka menggunakan mesin pencari beberapa kali dalam seminggu.
  • Penggunaan mesin pencari peringkatnya sering hanya berada di bawah penggunaan email dalam daftar aktifitas online yang paling popular. Saat berita-berita besar menjadi liputan utama, kegiatan mendapatkan berita online umumnya jauh melebihi pemakaian mesin pencari.
  • Ada hasil yang substansial dari meningkatnya kemampuan mesin pencari dan semakin mahirnya masyarakat dalam menggunakan mesin pencari. Sebanyak 87% pengguna mesin pencari menyatakan bahwa mereka umumnya menemukan informasi yang mereka inginkan ketika mereka menggunakan mesin pencari.
  • Kenyamanan dan efektivitas pengalaman pencarian turut mendukung daya tarik mesin pencari. Sejumlah 44% pengguna mengatakan bahwa ketika mereka menggunakan mesin pencari, mereka mencari informasi vital yang benar-benar mereka butuhkan.

COM Score Networks yang melacak penggunaan internet menunjukkan bahwa diantara 25 mesin pencari teratas:

  • Orang Amerika melakukan total 6,7 milyar pencarian dalam bulan Desember.
  • 44% dari pencarian tersebut dilakukan dari komputer rumah, 49% dilakukan dari komputer di tempat kerja, dan 7% dilakukan dari komputer berbasis perguruan tinggi.
  • Rata-rata pengguna internet melakukan 33 pencarian di bulan Juni.
  • Rata-rata kunjungan ke sebuah mesin pencari menghasilkan 4,4 pencarian.
  • Rata-rata pengunjung melihat 1,8 halaman hasil pencarian pada setiap pencarian biasa.
  • Di bulan Juni, rata-rata penggunan menghabiskan 41 menit di situs-situs mesin pencari.
  • COM Score memperkirakan 40 – 45% pencarian melibatkan 1 hasil pencarian dari pihak sponsor.
  • Sekitar 7% pencarian di bulan Maret melibatkan sebuah modifikasi lokal, seperti nama kota dan jalan, nomor telepon atau kata ”map” atau ”directions”.
  • Persentase pencarian yang muncul melalui browser toolbars di bulan Juni adalah 7%.

Pangsa Pasar Mesin Pencari
Empat kali terpilih sebagai Most Outstanding Search Engine, Google adalah pemimpin pasar terbesar dalam industri mesin pencari. Google adalah sebuah mesin pencari berbasis crawler yang dikenal menyediakan jangkauan halaman-halaman situs yang komprehensif dan informasi yang paling relevan. Mesin pencari ini melakukan pencarian terbanyak dan jumlah ini mencapai lebih dari 250 juta pencarian setiap harinya.

Yahoo! Adalah pemain terbesar kedua dalam industri ini dengan pangsa pasar 28%. Yahoo! Pada mulanya adalah sebuah direktori berbasis manusia namun pada tahun 2002 berganti menjadi berbasis crawler. Hingga awal 2004 mesin pencari ini digerakkan oleh Google namun setelah itu pengelolanya mulai menggunakan teknologi mereka sendiri.

Overture berdampingan dengan Google dalam hal jumlah pencarian setiap harinya. Mesin pencari ini dimiliki oleh Yahoo! dan melakukan lebih dari 167 juta pencarian setiap harinya. Overture adalah mesin pencari pertama yang menyediakan program PPC. AskJeeves awalnya menjadi terkenal di tahun 1998 dan 1999 sebagai mesin pencari ”berbahasa natural” yang membolehkan Anda mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan meresponsnya dengan jawaban-jawaban yang dianggap sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Ketika diluncurkan, mesin pencari ini dijalankan oleh lebih dari 100 editor yang memonitor jalannya pencarian. Namun demikian, saat ini AskJeeves bergantung pada teknologi berbasis crawler untuk menyediakan hasil bagi penggunanya.

Mesin-mesin Pencari dan Direktori-direktori Besar
Google : Sejak didirikan pada tahun 1999, hingga saat ini, Google adalah mesin pencari paling populer di jaringan internet. Sejak peluncuran versi betanya, Google telah memiliki hasil pencarian untuk kata NOT (tidak). Ia tidak memunculkan hasil pencarian untuk kata OR (atau) hingga Oktober 2000. Pada bulan Desember 2000, Google menambahkan hasil pencarian judul. Pada Juni 2000 ia mengumumkan database sebesar lebih dari 560 juta halaman, yang tumbuh hingga mencapai 4 milyar per Februari 2004. Kekuatan terbesarnya terletak pada ukuran dan cakupannya. Google memasukan dokumen-dokumen PDF, DOC, PS dan berbagai tipe file lain ke dalam indeksnya. Ia juga memiliki database tambahan dalam bentuk Google Groups, News, Directory, dst.

Yahoo! : Yahoo! Adalah salah satu dari portal internet yang paling dikenal dan paling populer. Sejatinya Yahoo! hanyalah sebuah direktori biasa yang berdasarkan subyek. Sekarang Yahoo! adalah sebuah mesin pencari, direktori dan portal sekaligus. Ia menyertakan salinan cached dari berbagai halaman dan menyediakan link ke direktori Yahoo!. Ia mendukung pencarian Boolean secara penuh, namun kurang menyediakan fitur-fitur pencarian yang lebih advance. Ia mengindeks 500KB pertama dari sebuah halaman situs dan pencarian link harus menyertakan bagian ”http://”.

Bing : Bing (Dahulu MSN Search) adalah mesin pencari untuk situs portal MSN. Selama bertahun-tahun ia menggunakan database dari vendor-vendor lain seperti Inktomi, LookSmart, dan Direct Hit. Per 1 Pebruari 2005, ia mulai menggunakan database sendiri yang unik yang memasukkan database News, Images dan Lokal yang terpisah bersama dengan tautan ke konten Microsoft’s Encarta Encyclopedia. Iklan teksnya saat ini berasal dari Yahoo! Search Marketing Solutions (dulu dikenal sebagai Overture). Database yang besar dan unik, pencarian dengan menggunakan Search Builder dan Boolean, salinan cached dari setiap halaman situs dan pilihan pencarian lokal adalah kekuatan MSN Search. Namun demikian, fitur lanjutan yang terbatas, pemotongan yang tidak konsisten dan tidak adanya pencarian judul menjadi sejumlah kelemahannya.

Ask Jeeves/Teoma : Muncul perdana di musim gugur 2001 dan diluncurkan kembali pada bulan April 2002, mesin pencari ini telah membangun database-nya sendiri dan menawarkan beberapa fitur pencarian yang unik. Dibeli oleh AskJeeves pada bulan September 2001, ia tidak memiliki pencarian Boolean secara penuh dan beberapa fitur lanjutan lainnya, namun belakangan memperluas dan meningkatkan kemampuan pencarian dan menambah kemampuan pencarian lanjutan. Sementara hasil pencarian Teoma dapat tampil dalam tiga bagian terpisah, semuanya berasal dari satu database halaman-halaman situs yang terindeks. Ini dapat termasuk iklan berbayar (dari database Google AdWords) di bawah judul ”Sponsored Links”. Tidak ada fitur database atau portal tambahan yang tersedia secara langsung. AskJeeves beralih ke Teoma ketimbang ke Direct Hit pada bulan Januari 2002 untuk hasil mesin pencarian. Mengidentifikasi Metasites dan fitur Refine untuk fokus pada komunitas situs adalah kekuatannya, sedang database yang lebih kecil, tidak adanya submisi URL yang bebas, serta tidak adanya salinan cached halaman adalah kelemahannya.

<str

Comments are closed