Kapan Waktu yang Tepat untuk Posting di Social media?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Posting di Social media?


Menuliskan atau membagikan sesuatu di Twitter dan Facebook memang ibarat sebuah candu tersendiri bagi sebagian orang. Kegiatan menuliskan sesuatu atau membagikan informasi itu untuk sebuah akun pribadi – di luar akun situs portal berita – sering berjalan tanpa henti tak kenal waktu secara real time. Tapi, tahukah Anda bahwa ada waktu terbaik untuk mem-postingsesuatu diakun Twitter dan Facebook?

 

Dalam infografik yang dikeluarkan oleh Raka Creative, saat dilansir Selasa (19/6), dijelaskan bahwa lalu lintas terpadat dalam Twitter terjadi setiap Senin-Kamis mulai jam 9 pagi – 3 sore. Puncak paling ramai terjadi antara jam 1 siang hingga jam 3 sore, dimana saat itu diperkirakan banyak pengguna yang sedang menggunakan Twitter. Pada hari Jumat jam 3 sore, merupakan waktu dimana Twitter digambarkan sepi kicauan, yang kemungkinan berarti tidak ada pengguna yang bermain Twitter saat itu.

 

Sementara puncak waktu terpadat di Facebook digambarkan terjadi pada Rabu jam 3 sore. Umumnya, tingkat klik yang tinggi terjadi pada tengah pekan mulai pukul 1 siang hingga 4 sore. Rata-rata lalu lintas Facebook mulai ramai sekitar jam 9 pagi dan kemudian mulai sepi setelah jam 4 sore setiap harinya.

Sebagai perbandingan, tahun lalu Salingsilang.com telah membuat laporan mengenai persentase waktu yang paling sering digunakan orang Indonesia dalam berkicau di Twitter. Secara umum, tiada hari yang terlewatkan tanpa berkicau di Twitter. Waktu terpadat yang digunakan tercatat terjadi pada akhir pekan antara Sabtu dan Minggu. Pembagian waktu paling ramai meliputi; dini hari mencapai 11%, pagi hari 30%, siang 26%, dan yang tertinggi terjadi pada malam hari yang mencapai 33%.

Sumber infografik: rakacreative.com

 

Comments

  • Sash | May 7,2017

    Terima kasih informasinya, sangat berguna bagi pemilik bisnis yang memanfaatkan FB dan twitter untuk promosi.

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *